Berita

Mengatasi Lalat Buah Pada Tanaman

mengatasi lalat buah

Lalat buah yang bahasa latinnya Bactrocera, sp. merupakan salah satu hama yang dapat mengakibatkan sejumlah kerugian pada tanaman holtikultura yang sedang ditanam. Misalnya tanaman semangka, cabai, melon, mangga, belimbing, jambu, dan tanaman holtikultura lainnya.

Hama lalat buah ini akan menyebabkan penurunan produktivitas buah, kualitas buah menurun, kegagalan setelah panen, buah rontok, buah menjadi abnormal, serta dapat menyebabkan tanaman menjadi tidak subur dan pertumbuhannya lambat. Buah yang sudah diserang dengan hama lalat buah itu tidak layak untuk dikonsumsi atau dipasarkan, sehingga menyebabkan kerugian yang lumayan besar bagi petani.

Gejala Serangan Lalat Buah

Buah yang diserang oleh hama lalat buah itu akan menyebabkan buah berlubang kecil maupun besar dengan warna kehitam-hitaman. Biasanya lubang tersebut dipakai untuk berkembang biak lalat buah atau menempatkan larva anakan lalat buah. Biasanya serangga hama lalat buah akan menyerang tanaman yang sudah berbuah matang sempurna. Karena mempunyai daging buah yang cukup lunak sehingga digunakan untuk serangga hama ini untuk tempat meletakkan anakan lalat buah hingga menetas. Kerusakan serangga hama lalat buah itu akan menyebabkan buah menjadi abnormal, membusuk serta mengakibatkan buah gugur.

Mengendalikan dan Pembasmian Lalat Buah

Pengendalian dan Memberantas serangga hama lalat buah bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya sebagai berikut :

  • Melakukan pengumpulan buah yang tidak layak di panen, dengan cara menyortir untuk pemutusan siklus dari lalat buah di sekitar tanaman tersebut.
  • Lakukan pembungkusan buah mulai dari umur 1,5 bulan guna mencegah peletakan telur lalat buah.
  • Lakukan pengasapan untuk bisa membantu mengusir lalat buah yang ada di dalam lahan atau sekitar tanaman.
  • Membuat perangkap lalat buah, biasanya menggunakan bahan pemikat lalat buah.
  • Jika sudah diketahui terkena gejala awal hama lalat buah, bisa juga menggunakan pestisifa kimia berbahan sintetik, misalnya Deltametrin, Beta siflutrin, dan imidakloprid.

Itulah cara mengatasi lalat buah pada tanaman semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Standard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *