Home

Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Rusak

Bagaimana caranya melakukan perbaikan pompa air yang rusak? Pompa air adalah alat yang dipakai untuk menyedot air umumnya dari tempat yang rendah menuju tempat yang tinggi. Alat ini adalah alat yang vital dalam keperluan satu hari hari baik di rumah, perkantoran, ruko, tempat pendidikan serta beda sebagainya sudah pasti untuk penuhi keperluan juga akan air. Jika sanyo rusak jadi mesti selekasnya diperbaiki, untuk memperbaikinya anda tidaklah perlu memakai jasa tukang servis, karna kita dapat melakukan perbaikan sendiri dengan lihat type rusaknya pada pompa air.

Rusaknya pada pompa air umum berlangsung jika pompa air tidak dipakai pada saat yang cukup lama, ditambah lagi bila pompa air diletakkan di luar ruang serta terserang panas berlebihan. Untuk melakukan perbaikan pompa air yang rusak/mati kita mesti ketahui terlebih dulu type rusaknyanya. Pada umumnya type type rusaknya pompa air mencakup, mati, mendengung/menderik, konslet/nyetrum, air tidak naik (keluar), atau desakan air lemah (loyo).

MEMPERBAIKI POMPA AIR BERDASARKAN KERUSAKANNYA

1. POMPA AIR MATI TOTAL

Bila pompa air mati keseluruhan perlakuan yang pertama yaitu dengan mengecek saklar serta kabel, ada peluang kabel/saklar rusak hingga arus listrik tidak tersambung, anda dapat mengeceknya memakai multimeter, avometer, atau tespen.

Sesudah di pastikan tak ada problem pada saklar serta kabel, jadi setelah itu yaitu mengecek sisi dalam pompa air, tapi anda mesti ketahui jalur gulungan2 pada pompa air, rusaknya yang berlangsung umpamanya pelumas kering hingga pompa tidak dapat berputar-putar, atau karetnya kering (aus).

2. POMPA AIR HIDUP TAPI AIR TIDAK MENGALIR

” Penyakit ” yang satu ini seringkali berlangsung pada Pompa air, di mana Pompa air menyala namun air tidak dapat mengalir. Hal semacam ini umumnya ada 2 penyebabnya, pertama air tidak terjangkau oleh pipa serta ke-2 karna ada udara yang masuk pada pipa sisi penyedot (bocor) atau masuk angin, hal semacam ini dapat pula berlangsung karna saringan rusak atau impeler tidak presisi sekali lagi yang mengakibatkan tidak dapat menarik air.

Langkah memperbaikinya check sisi pipa penyedot dan saringannya, bila tak ada problem bermakna anda mesti mengecek sisi blok & impeler.

3. POMPA AIR HANYA BERDENGUNG

Untuk problem ini, umumnya ada kotoran atau kerak di bagian impeler atau klahar dalam dinamo, ini dapat juga berlangsung pada kapasitor nonpolar. Untuk memperbaikinya baiknya dibikin bersih di bagian sisi itu.

4. POMPA AIR NYETRUM/KONSLET

Bila pompa air nyetrum, ada peluang konslet pada tegangan fuse (ditespen nyala). Untuk memperbaikinya cobalah check memakai Multimeter (umumnya ada gulungan lecet).

Tersebut langkah melakukan perbaikan pompa air yang rusak/mati. Satu hal sekali lagi yang umumnya berlangsung pada pompa air, yaitu desakan air lemah/loyo. Ini umum berlangsung karna ada pipa penyedot yang bocor, dinamo gulungan konslet atau kapasitor rusak. Bila yang bermasalah gulungan dinamo atau pipa penyedot jadi dapat diperbaiki, tapi bila kapasitor rusak jadi mesti ganti yang baru.

Standard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *